Cara membuat posting di Latahzan.id

“Postingan ini khusus untuk yang belum bisa menggunakan WordPress, dan bisa juga browsing di Google “cara membuat posting di WordPress”.”

 

Setelah kamu mengklik “+Compose” atau Add New Post pada kanan atas, akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat posting telah kami beri tanda dengan angka berwarna merah.

1. Judul Posting

“Enter title here”, begitu tulisan yang ada pada tanda nomor 1. Silahkan kamu isi judul artikel yang akan kamu tulis, usahakan judulnya singkat tapi padat. Sebisa mungkin tidak lebih dari kotak yang tersedia.

2. Add Media

Bagian ini adalah tempat kamu untuk menambahkan gambar atau media lain. Usahakan lebar gambar 800px. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bagian ini:

Jendela yang akan muncul saat anda klik Add Media adalah seperti gambar di atas. Jika anda ingin mengupload gambar dari komputer, silahkan pilih tab “Upload Files”. Jika ingin menambahkan gambar dengan menggunakan URL, silahkan klik tab “Insert from URL”. Jika anda memilih “Upload Files” yang artinya mengupload gambar dari komputer, maka akan muncul seperti ini:

Kamu tinggal klik “Select Files” untuk memilih gambar yang akan kamu upload dari komputer kamu. Dan usahakan file yang diunggah maximal 64 MB, dan usahakan ukurannya sekecil mungkin supaya proses uploadnya lebih cepat.

Setelah kamu selesai upload, maka gambar yang telah selesai diupload akan muncul di bagian “Media Library” seperti gambar di bawah ini:

Nah, kamu klik gambar yang akan kamu masukkan ke artikel sampai muncul tanda “Ceklis” di pojok kanan atas gambar, seperti pada gambar di atas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada bagian ini sebelum kamu memasukkan gambar ke postingan kamu. Lihat bagian kanan yang ditandai angka 13 merah.

  • Caption: isilah bagian ini dengan keterangan gambar, dan/atau darimana kamu peroleh gambar.
  • Alt Text & Description bisa kamu kosongkan, tetapi diisi lebih baik
  • Alignment: Usahakan pakai center supaya lebih rapi.
  • Link to: jika ingin menautkan ke sebuah link, silahkan isi disini. Jika tidak, cukup pakai None.
  • Size: Untuk ini kamu pilih Full Size, karena jika tidak gambar yang akan kamu masukkan ke postingan akan tampil dengan ukuran kecil.

Setelah memastikan semua opsi di atas, silahkan klik “Insert into post” yang ada di bagian kiri bawah berwarna biru. Maka gambar sudah masuk ke postingan kamu.

*Note: Untuk opsi-opsi di atas, kamu cukup mengaturnya sekali saja, maka berikutnya akan sesuai dengan pengaturan yang kamu buat di awal.

3. Pengaturan huruf, paragraf, dll

Kembali lihat pada gambar, untuk nomor 3 itu seperti mengatur tulisan di MS Word saat kamu mengetik di komputermu, sepertinya bagian ini kamu pasti bisa. Yang perlu diperhatikan, saat kamu klik tanda “Paragraph” akan muncul “Heading 1 sampai 6” dan terakhir ada “Preformatted”. Gunakan “Heading 3” jika kamu ingin membuat judul besar dalam tulisan kamu.

4. Tempat menulis

Nomor 4 merupakan tempat kamu menulis artikel yang akan kamu posting.

5. Preview

Kamu bisa memeriksa tampilan postingan kamu apakah sudah rapi dan apakah masih ada yang perlu diperbaiki dengan mengklik “Preview”.

6. Save Draft

Jika kamu sedang menulis artikel, tiba-tiba ada hal penting yang akan kamu lakukan tetapi artikel belum selesai maka kamu bisa gunakan fitur ini untuk menyimpan artikel kamu dan bisa kamu lanjut kembali setelah urusanmu selesai.

Bagian berikutnya:

7. Publish

Setelah semua selesai, kamu tinggal klik “Publish“. Ini sebenarnya bagian akhir, tapi karena semuanya tidak muat 1 gambar, terpaksa dipotong-potong. Hehehehe

8. Categories

Nah, artikel kamu termasuk bagian mana, silahkan centang salah satunya.

Bagian berikutnya:

9. Tags

Misalkan artikel kamu tentang jodoh dan rezeki, kamu bisa tulis “jodoh” (kemudian tekan “Add”), “rezeki” (kemudian tekan “Add”), atau bisa juga “jodoh, rezeki” (pakai tanda koma) lalu tekan Add.

10. Featured Image

Ini juga merupakan salah satu bagian penting, karena gambar yang kamu pilih untuk “Featured Image” inilah gambar yang akan mewakili tulisan kamu sehingga pembaca bisa tertarik untuk membacanya. Dan, gambar ini jugalah yang akan tampil di halaman depan website dan bisa kita katakan sebagai “Identitas” dari artikel yang kamu tulis.

Saat kamu tekan “Set Featured Image”, akan muncul seperti ini:

Kamu tinggal pilih gambarnya, kemudian klik “Set Featured Image” di kanan bawah berwarna biru.

11. Focus Keywords

Mirip dengan nomor 9 ya, tapi ga sama. Sesuaikan kata kunci dengan isi artikelmu.

Mungkin secara garis besar ini saja yang perlu diperhatikan saat ingin membuat posting. Perlu diingat, urutan terakhir adalah nomor 7 (Publish) ya 😀

Jika ada yang kurang jelas, bisa kamu tanyakan via:

  1. E-mail: [email protected]
  2. WA (only): 0812 9321 8681

Terimakasih 🙂